Sabtu, 23 April 2011

SIRSAK TANAMAN ISTIMEWA YANG BANYAK KHASIAT

Sirsak sudah tidak asing lagi bagi kita. Buahnya yang acap dijadikan minuman dan olahan makananlainnya. Tanaman sirsak (Annona muricata L). bersal dari bahasa daratan Amerika Tengah dan bagian utara Amerika Selatan. Sirsak telah menyebar ke pelosok wilayah Indonesia dengan nama beragan seperti jambu londo (Lampung), srikaya  belanda  (Makasar), nangka sabrang atau nangka landa (Jawa), srikaya jawa (Bali), deureuyan belanda (Aceh), naka (Flores), dan durian betawi (Minangkabau). Tanaman ini mulai dikenali ditanah air pada abad ke-19 ketika belanda masuk ke Indonesia.
            Sirsak disebarkan melalui perdagangan dan dari tangan ke tangan. Rasanya yang khas,manis dan asam, membuat masyarakat cepat suka. Ada yang suka memakannya langsung,ada juga yang diulah lagi menjadi jus.
            Seiring waktu,sirsak tak hanya dimanfaatkan buahnya. Daunnya pun mulai dikonsumsi karena dipercaya mempunyai banyak khasiat. “Malah banyak masyarakatyang sengaja membeli tanaman sirsak untuk mengambil daunnya,”ujar A.F. Margianasari, kepala bagian kebun dan penelitian Taman Wisata Mekarsari.
KHASIAT SIRSAK :
1.   1.  Meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan.
Makanlah buah sirsak yang matang (100 gram) setiap hari karena buah sirsak dapat memenuhi 13 persen kebutuhanserat pangan per hari dan mengandung vitamin C yang cukup tinggi.
2.    2. Membunuh sel kangker.
Daun sirsak mengandung zat annonaceusacetogenins yang memeiliki kemampuan membunuh sel kangker terutama kangker usus, prostat, paru-paru, payudara, dan pangkreas tanpa merusak sel yang sehat. Cara mengolah yaitu dengan mengambil 10 lembar daun sirsak  dicuci dan direbus dengan 3 gelas air. Biarkan hingga air tertinggal 1 gelas. Diminum pagi dan soe hari.
3.    3. Bisul.
Ambil daun sirsak muda (3-5 lembar), tumbuk halus dan di beri sedikit air. Ramuan tadi diletakan pada bisul.
4.    4. Asam urat.
Minumlah jus sirsaktanpa gula 2 kali sehari sebanyak 1 gelas.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India