Minggu, 19 Juni 2011

Penyebab Penuaan Dini Dan Cara Mencegah Keriput Buat Wanita

Penyebab Penuaan Dini Dan Cara Mencegah Keriput. KERIPUT, merupakan salah satu tanda penuaan yang selalu menjadi momok menakutkan bagi kaum hawa. Sementara kulit wajah mengendur dan terlihat kusam, seringkali disebabkan kulit kehilangan kekenyalan dan kelembutannya. Tapi melalui perawatan sejak dini, penuaan dapat diperlambat setiap harinya.

"Banyak wanita berusia 40-an datang menemui kami untuk menghilangkan keriput. Kenyataannya adalah, mereka terlambat, dan perawatan yang dapat dilakukan hanya dapat mengurangi tanda penuaan tersebut 20 hingga 30 persen saja, tidak menghilangkan keriput seluruhnya. Kuncinya adalah, merawat kulit sejak Anda memasuki usia 20 tahun," kata ahli kulit di Mumbai, India, Dr Nina Madnani yang dikutip Times of India, Selasa (8/3/2011).

Untuk mengetahui apa saja penyebab penuaan dini, dan langkah yang harus ditempuh agar terhindar dari kerutan di wajah, berikut penjelasannya:

Penyebab penuaan dini

Menurut Dr Ninan, penuaan dini disebabkan oleh dua hal. Yaitu faktor lingkungan dan genetik.

"Faktor genetik memang tidak dapat dikendalikan, kita dapat mencegah tanda penuaan hanya dengan merawat kulit dari faktor lingkungan," paparnya.

Faktor Lingkungan:

- Sinar UV

Mereka yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari akan lebih cepat mengalami penuaan dini.

- Polusi

Radikal bebas yang berasal dari polusi dapat merusak kolagen kulit, yang menyebabkan juga keriput.

- Secara drastis turun berat badan

Turun bobot tubuh secara tiba-tiba dapat menyebabkan keriput, karena konten lemak tubuh hilang secara drastis berkurang. Kondisi ini juga yang menyebabkan kulit mengendur dan kusam.

- Kurangnya nutrisi

Kurang mengonsumsi vitamin E dan zat besi dapat menyebabkan kurangnya elastisitas dan kekenyalan kulit, yang menggiring juga nampaknya keriput.

- Merokok

Sebuah survei telah menemukan, bahwa dengan merokok, kulit akan terlihat lebih tua 10 hingga 13 tahun dari usia kita yang sebenarnya. Rokok juga merangsang formasi lain dari radikal bebas.

Mencegah keriput

"Diet seimbang merupakan kunci agar kulit tampak sehat dan segar. Vitamin A, C, E dan K, juga membantu membuat kulit tampak bersinar. Stres, tidur terlalu malam, terlalu sering terpapar sinar matahari dapat menyebabkan penuaan dini dan memunculkan keriput. Cara terampuhnya adalah bergaya hidup sehat dari sekarang," saran ahli kulit ternama di Mumbai, India, Dr Sushil Tahiliani.

Tip mencegah keriput:

* Hindari keluar rumah tanpa menggunakan pelindung kulit yang cukup.
* Ingatlah untuk selalu menjaga kelembaban kulit dan aplikasikan sun-screen 20 menit sebelum keluar rumah.
* Aplikasikan krim berbasis hydroxyl acid yang dapat meningkatkan produksi kolagen kulit.
* Hindari rokok.
* Lakukan diet seimbang yang kaya akan vitamin dan nutrisi, terutama vitamin A, C, E, dan K.(okezone.com)

1 komentar:

Muhammad Chandra mengatakan...

ayoo bagus nih informasinya bagi wanita..

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India